Go Game Guru

Cara Tepat Bermain Game Igo

Cara Tepat Bermain Game Igo – Sebelum kita memainkan game tertentu, sudah menjadi keseharusan bagi kita untuk mengenal game yang akan dimainkan terlebih dahulu. Sama halnya ketika kita akan bermain game Igo, ada baiknya bagi kita untuk mengenal permainan agar dapat memahami cara untuk memainkan game papan tersebut. Igo merupakan game yang berasal dari Tiongkok dan dimainkan di atas papan dengan menggunakan batuan berwarna hitam dan putih. Di Tiongkok, game Igo telah dikenalkan sejak tahun 2000 SM hingga tahun 200 SM. Menjadi game berusia tua tak berarti minat akan game Igo menurun secara drastis. Dengan kemajuan teknologi saat ini, game Igo dikenal baik oleh masyarakat dunia dan menjadi game papan terbaik yang berhasil menggugah minat para pemain game.

Game Igo merupakan game papan yang dimainkan oleh dua orang pemain. Di dalam permainan, pemain akan dihadirkan oleh batu yang merupakan bidak utama permainan dan dibedakan menjadi dua jenis warna, yakni hitam dan putih. Papan yang digunakan dalam game Igo memiliki ukuran 19×19 dan dilengkapi dengan garis vertikal dan garis horizontal layaknya papan catur. Game Igo menggunakan 381 batu dalam permainan yang dibedakan menurut warnanya. Untuk batu berwarna hitam, ada 181 batu yang dimainkan. Sedangkan batu berwarna putih disiapkan sebanyak 180 batu. Setiap pemain nantinya akan bergerak secara bergantian. Pemain yang memiliki batu berwarna hitam merupakan pemain yang diberikan kesempatan pertama kalinya untuk memulai permainan game papan Igo. Selama permainan berlangsung, setiap pemain diharuskan untuk memperebutkan wilayah dan memakan batu milik lawan. Selama memperebutkan wilayah permainan, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Mengitari ruang kosong yang berada di sekitar batu milik lawan. Semakin besar wilayah yang direbut, semakin besar pula poin yang akan didapat oleh pemain nantinya.
  • Jangan meletakkan batu milik sendiri pada wilayah yang dimiliki. Jika dilakukan, pemain tersebut akan mengalami kekalahan.

Untuk memakan batu miliki lawan, pemain harus menghubungkan batuan yang mereka miliki satu sama lainnya. Dengan kata lain, pemain harus mengurung batu milik lawan jika ingin memenangkan permainan. Permainan dianggap telah selesai dimainkan jika seorang pemain berhasil mengklaim wilayah yang dimiliki oleh lawannya. Jika berbicara mengenai game Igo, ada beberapa istilah yang sering muncul, liberti misalnya. Liberti merupakan istilah yang digunakan untuk menunjuk titik yang saling bersebelahan. Tidak hanya liberti, pemain juga akan dikenalkan dengan istilah atari, mata, bunuh diri dan KO. Atari merupakan sebutan bagi kondisi dimana batu akan dimakan pada kesempatan berikutnya. Sedangkan KO merupakan istilah yang digunakan oleh pemain game papan Igo ketika biji milik lawan tidak mampu melakukan pergerakan sama sekali.

1 thought on “Cara Tepat Bermain Game Igo

  1. Terima kasih gogameguru.com atas informasi artikel yang anda post. Artikel ini sangat bermanfaat bagi pemain IGO pemula yang baru belajar bermain IGO. Karena di artikel ini diajari bagaimana cara bermain, istilah2 IGo yang perlu diketahui oleh seorang pemula dan penjelasan tentang Papan IGO tersebut. Semoga gogameguru.com selalu memberikan informasi yang berguna bagi kami semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!