Go Game Guru

Strategi Memenangkan Permainan Igo

Strategi Memenangkan Permainan Igo – Bagi teman-teman semua tentu sudah tidak asing lagi dengan permainan Igo. Permainan ini berasal dari Tiongkok sejak sekitar tahun 2000 SM sampai 200 SM. Di negara korea permainan ini dikenal dengan nama baduk, sedangkan di Indonesia sendiri disebut Igo atau go. Permainan ini menggunakan papan yang di mainkan oleh dua pemain.

Cara bermain permainan ini cukup sulit dan menguras pikiran. Kedua pemain harus saling mempertahankan wilayah dan bertempur untuk memaksimalkan wilayah yang mereka kuasai. Media yg digunakan adalah papan serta batu berwarna hitam dan putih. Untuk dapat menjebak musuh yang menyusup daerahnya, pemain harus mengelilingi daerah besar di papan dengan batunya dan melindungi batu-batu dari penangkapan. Dalam permainan ini membutuhkan strategi yang sangat kompleks. Bahkan dibutuhkan waktu bertahun tahun bagi pemain tingkat tinggi untuk dapat menyempurnakan strateginya. Permainan igo adalah permainan yang membutuhkan strategi paling hebat untuk dapat memenangkannya.

Pemain harus menguasai langkah serta strategi untuk batu yang akan diletakkan dalam papan permainan. Pemain harus menguasai wilayah lawan atau musuh dan menjebak batu milik musuh. Pemain diwajibkan untuk mempertahankan dan melindungi batunya dari penangkapan musuh. Dibutuhkan strategi khusus agar dapat memenangkan permainan. Startegi yang dibuat memerlukan waktu yang cukup lama agar benar-benar dapat menguasai wilayah. Pemain Igo harus mempunyai aspek dan pemahaman yang tinggi untuk mengatur strategi. Dibawah ini adalah beberapa hal yang termasuk dalam aspek strategi dalam bermain igo:
a. Koneksi, pemain harus memiliki koneksi atau batu yang saling terhubung untuk mempertahakan posisi batu yang mereka miliki.
b. Pemotongan. Strategi yang harus dilakukan selanjutnya adalah memotong atau memisahkan koneksi batu milik lawan.
c. Kehidupan, dalam bermain igo sebisa mungkin pemain harus mempertahankan posisi batu agar tidak tertangkap oleh batu milik lawan.
d. Kematian, pemain harus bisa menangkap atau mengelung batu lawan sehingga batu milik lawan dapat dikeluarkan dari papan permainan.
Tak asal dalam bermain, dalam permainan ini terdapat dua aturan yang berlaku, yaitu aturan dasar dan opsional. Aturan dasar dalam permainan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Permainan dimulai dengan batu berwarna hitam terlebih dahulu. Kedua pemain diberikan kesempatan untuk meletakkan masing masing batu pada titik dalam papan secara bergantian.
  2. Setiap batu harus memiliki titik bersebelahan yang kosong atau disebut dengan liberti. Hal ini dilakukan agar batu bisa tetap berada di papan. Batu dengan warna yang sama yang terhubung oleh garis disebut rantai, dan saling berbagi liberti.
  3. Batu yang tertangkap dan di keluarkan dari papan adalah batu yang tidak dikelilingi liberti lagi.
  4. Rantai lawan dapat terangkap apabila menghilangkan liberti terakhir rantai milik lawan.
  5. “Aturan Ko”: aturan dimana terdapat titik tertentu yang tidak boleh di mainkan, yaitu dengan mengulangi papan pada langkah sebelumnya dari pemain yang bersangkutan.
  6. Kedua pemain dapat melakukan alternatif dari meletakkan batu dengan cara pass. Permainan berakhir dan nilai dihitung saat kedua pemain melakukan pass berturut-turut.
    Yang kedua yaitu aturan opsional, sebagai berikut:
  7. Pemain kedua hampir selalu memiliki nilai kompensasi
  8. Permainan antar pemain dengan kekuatan yang berbeda akan lebih menarik dengan batu kompensasi yang diletakkan pada saat sebelum permainan dimulai

Bermain permainan igo secara online melalui situs internet akan mengasah otak untuk dapat berfikir kritis, selain itu dengan bermain Igo secara online kita dapat memanfaatkan waktu luang kita untuk bermain dengan keluarga yang jauh dari kita ataupun kalian bisa bermain dengan teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!